INFORMASI

Muncul Pulau Akibat Tsunami, Pemerintah Pantau Garis Pantai

10:25 AM Unknown 0 Comments



BANDAR POKER - Deputi I Kemaritiman Kementerian Koordinator Kemaritiman Arief Havas mengatakan ada pulau-pulau kecil muncul akibat terjadinya tsunami. Pemerintah, kata Havas, sedang ingin melakukan pengecekan terhadap hal tersebut.

"Ada banyak perkembangan di daerah bekas tsunami, kami cek semua itu," kata Havas saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta Pusat, Kamis, 3 November 2016.

Havas menambahkan, hal ini sudah lama diketahui, tapi pihaknya sedang memantau perkembangan dari riset yang baru saja dilakukan. "Apakah nantinya akan mengubah kondisi pantai, atau garis pantai kita," ujarnya.

Lebih lanjut, Havas menjelaskan, pulau-pulau kecil itu nantinya akan membuat luas lautan Indonesia berubah. Namun hal itu hanya akan terjadi jika pulau itu berada di luar garis pantai yang ada. "Kalau di luar, harus dihitung. Ada perhitungan khusus."

Havas mengungkapkan, pulau yang sedang diriset berada di wilayah laut di Aceh. Dia menjelaskan, saat Tsunami melanda Aceh, ada kondisi alam yang berubah di sana, begitu pun di Mentawai. "Di Mentawai ada juga. Kalau tidak salah, agak ke atas lagi."

Havas menuturkan, saat ini pihaknya sedang mengkaji perkembangan di perbatasan Indonesia dengan negara lain. "Membuat kajian perkembangan seperti apa sekarang, kan kita punya perbatasan dengan 10 negara."

0 comments: